Cara mengetahui jenis kelamin fossil?

Bagaimana bisa mengetahui jenis kelamin fossil? 
How to Tell Fossil's Sex? Well, the Egg is a Clue. 
Science Times, Tuesday, January, 25, 2011.

By: Sumarsongko Sastrowardoyo (Honorary Senior Member)
Long Island-New York, USA.


Para ahli ilmu pengetahuan telah menemukan suatu fosil  pterosauria lestari  berunur 160 juta tahun, bersama-sama dengan sebuah telurnya. Pterosauria adalah reptil terbang dari berbagai ukuran yang hidup berdampingan dengan dinosauria  dari akhir periodaTriassik sampai perioda Kretaekous. Meskipun contoh lain dari spesis pterosauria, Darwinopterus, telah ditemukan sebelumnya, fosil ini, yang dibeli dari seorang petani di Tiongkok, memberikan informasi yang penting. "Dalam hampir tak ada sama sekali dari koleksi sebelumnya dapat kita katakan gender apa fosil ini," kata David Unwin, seorang ahli paleobiologi (biologi kuno) pada the University of Leicester, di Inggeris, dan salah satu pengarang studi.

"Ini adalah hubungan pertama sebuah telur dengan suatu fosil dewasa, sehingga kami dapat mengenalnya sebagai seekor betina."  Penemuan ini, yang dimuat dalam jurnal Science, memberikan bukti yang para ahli ilmu pengetahuan sebelumnya hipotesa: bahwa pterosauria betina memiliki pinggul  lebih besar daripada yang jantan dan tidak memiliki hiasan kepala di atas tengkorak. Pterrosauria jantan memili hiasan kepala lebih besar. Telurnya kelihatan berkulit lunak, lebih mirip dengan telur buaya-buaya daripada telur burung-burung. Ini menyatakan secara tak langsung bahwa, seperti buaya-buaya dan reptil-reptil lainnya, pterosauria-pterosauria barangkali mengubur telur-telurnya, daripada menetaskan (mengeram) telur-telur, seperti burung-burung lakukan.

Dr. Unwin mengatakan bahwa fosil telah memberikan gambaran pendahuluan yang baik dari biologi pterosauria."Yang perlu kita lakukan sekarang," katanya," adalah melihat pada banyak pterosauria dan melihat pada hal-hal lain seperti ukurannya: Apakah pterosauria jantan khas lebih besar atau lebih kecil daripada yang betina? Dan pokok-pokok yang kita ketahui sebagai spesis hidup, kita sekarang lihat dalam pterosauria."

Diterjemahkan secara singkat dan diberi beberapa anotasi seperlnya.

Salam Historia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar